PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Teknologi Webinar Untuk Konferensi

Dipublikasikan Pada : MON, 07 SEP 2015, Dibaca : 1.515 Kali

Web-based Seminar atau yang lebih sering disingkat Webinar merupakan sebuah paparan, pengajaran atau seminar yang dilakukan melalui web dengan menggunakan aplikasi video conference. Webinar memungkinkan peserta untuk aktif berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan atau berkomentar. Kunci dari webinar adalah factor interaktifnya, kemampuan untuk memberi, menerima dan mendiskusikan berbagai informasi. Berbalik dengan webcast dimana data yang dikirmkan hanya satu arah dan tidak mengizinkan interaksi antara penyaji dan peserta.

Penyelenggaraan webinar dapat menggunakan aplikasi yang diinstal ataupun menggunakan aplikasi yang dijalankan melalui web browser oleh penyaji maupun peserta. Fungsi aplikasi tersebut dapat disetting oleh administrator sehingga fungsi aplikasi antara penyaji dan peserta berbeda. Pelaksanaan webinar sangat tergantung pada stabil dan kuatnya koneksi internet yang digunakan.

Dipandang dari teknologi yang digunakan, peserta dapat berbicara dan mendengarkan suara melalui saluran telepon biasa atau melalui computer yang memiliki mikropon dan pengeras suara dan ada pula yang menggunakan webcam untuk dapat menampilkan gambar peserta.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan juga telah melakukan beberapa kali webinar dengan penyaji dan peserta dari dalam dan luar negeri. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi open source dan peralatan yang digunakan merupakan peralatan yang dimiliki sendiri oleh Pusdatin. Webinar mendekatkan yang jauh dan memudahkan belajar atau komunikasi tanpa hambatan jarak dan waktu dan menghemat biaya.

Informasi Terkait Lainnya