PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Hasil Penilaian Web e-Aspirasi Kementerian Kesehatan Tahun 2016

Dipublikasikan Pada : MON, 14 NOV 2016, Dibaca : 387 Kali
Jakarta, 14 November 2016
Sehubungan dengan kebutuhan informasi di bidang kesehatan dalam ranah Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas situs sebagai acuan utama dalam pencarian informasi oleh masyarakat, kami akan menyelenggarakan Kompetisi e-Aspirasi (Anugerah Situs Inspirasi Sehat Indonesia) Kementerian Kesehatan Tahun 2016 bekerja sama dengan tim konsultan penilai situs web. Kegiatan ini sudah berjalan 2 kali berturut-turut pada tahun 2014 dan 2015 dalam menilai situs web di lingkungan Kementerian Kesehatan, dan pada tahun 2016 ini cakupan penyelenggaraan e-Aspirasi Kementerian Kesehatan diperluas untuk menilai situs web Dinas Kesehatan Provinsi.

Tahun 2016 ini Pusdatin melaksanakan penilaian web e-Aspirasi 2016 dalam 2 tahap, Tahap 1 dilakukan penilaian web di tingkat provinsi pada bulan Mei Juli 2016, terdaftar 27 provinsi yang mengikuti penilaian web; Tahap ke-2 dilakukan penilaian di tingkat satuan kerja di Kementerian Kesehatan pada bulan Agustus Oktober 2016, unit satuan kerja yang terdaftar ikut serta dalam penilaian sejumlah 27 unit satuan kerja.

Dengan tugas dan fungsi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) melaksanakan pengelolaan data dan diseminasi informasi dirasa perlu untuk mengembangkan portal web bernama www. kemkes.go.id bekerja sama dengan para pengelola web di unit satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan dan lintas wilayah dengan pengelola web dinas kesehatan terkait kebutuhan masyarakat akan informasi dan mendukung Keterbukaan Informasi Publik.

Harapan besar bahwa website Kementerian Kesehatan dapat bermanfaat dalam memberikan data dan informasi di bidang kesehatan yang dapat digunakan tidak hanya oleh tenaga kesehatan, namun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Website ini diharapkan tidak hanya sebagai media publikasi dan promosi, namun juga dapat diakses sebagai sarana komunikasi interaktif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak. Ke depannya, website Kementerian Kesehatan akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua pengguna informasi, seperti yang akan kami sampaikan dalam pertemuan saat ini, kami akan memperkenalkan disain baru Kementerian Kesehatan, insyaAllah akan dapat ditayangkan secara online dalam waktu dekat.

Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI, bekerja sama dengan tim konsultan penilai dari babastudio.com menyelenggarakan penilaian website di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan ini sudah berjalan 2 kali sejak tahun 2014 dan diikuti oleh unit utama setingkat eselon I dan eselon II di lingkungan Kementerian Kesehatan yang memiliki website. Kegiatan ini berjalan selama 6 bulan sejak awal bulan Mei hingga akhir bulan Oktober melalui beberapa tahap seperti pendaftaran situs web unit yang akan mengikuti lomba tersebut, pengumpulan kuesioner dari pengelola situs web peserta penilaian, survei penilaian publik, serta penilaian dari para juri independent.

Kriteria penilaian ditetapkan berdasarkan 3 jenis, (1) Kriteria teknis, (2) Penilaian oleh Publik melalui survei, (3) Kriteria regulasi/undang-undang domain situs untuk pemerintah (terkait Keterbukaan Informasi Publik/KIP dan kebutuhan user terhadap informasi). Kriteria penilaian teknis didasarkan pada aksesibilitas dan penyajian yang informatif, antara lain arsitektur informasi (information architecture), desain antar muka (interface design), tata kelola (content management), keamanan informasi dan optimasi mesin pencarian (search engine optimization).

Untuk kriteria regulasi/undang-undang, maka sejalan dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik, empat (4) manfaat utama menjadi tujuan dari situs web pemerintah, yaitu pemenuhan hak publik terhadap informasi kesehatan, kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi, diseminasi informasi kesehatan terkini serta media komunikasi dan interaksi antar komunitas untuk informasi kesehatan. Untuk memenuhi 4 manfaat utama tersebut, situs web pemerintah tidak hanya dituntut untuk menyajikan informasi penting terkini yang dibutuhkan masyarakat, namun juga harus memiliki disain yang menarik serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

Pemenang penilaian situs web e-Aspirasi Kementerian Kesehatan Tahun 2016 sebagai berikut:

Tingkat Dinas Kesehatan Provinsi
      -    Juara ke-1 adalah Dinas Kesehatan Provinsi Aceh (www.dinkes.acehprov.go.id);
      -    Juara ke-2 adalah Dinas Kesehatan Provinsi Banten (www.dinkes.bantenprov.go.id);
      -    Juara ke-3 adalah Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (diskes.sumutprov.go.id).

Tingkat Satuan Kerja Kementerian Kesehatan Eselon 1 dan Eselon 2
      -    Juara ke-1 adalah Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan (www.binfar.kemkes.go.id).
      -    Juara ke-2 adalah Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal (www.pusdatin.kemkes.go.id);
      -    Juara ke-3 adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (www.litbang.kemkes.go.id);

Di samping itu diberikan penilaian Most Progressive kepada pengelola situs web Biro Hukum dan Organisasi, Sekretariat Jenderal, karena perkembangan situs webnya yang sangat pesat dari peringkat ke-26 pada tahun 2015 meningkat menjadi peringkat ke-9 dalam penilaian situs web tahun 2016 ini. Penilaian Most Contributive yang pada tahun 2015 lalu diberikan kepada pengelola situs web Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal, berdasarkan kontribusinya dalam pemenuhan konten portal web Kementerian Kesehatan; untuk tahun ini ditiadakan. 

Kegiatan penilaian situs web ini direncanakan akan tetap berlanjut tahun 2017 dengan perluasan cakupan situs web yang akan dinilai. Tujuannya adalah untuk mendorong para pengelola situs web di tingkat pemerintahan dapat meningkatkan kualitas situs webnya dari sisi penyajian informasi, disain dan regulasi. Dengan dilakukannya kegiatan penilaian website di tingkat dinas kesehatan provinsi dan di unit satuan kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan ini, diharapkan dapat memacu dan memicu para pengelola web untuk lebih meningkatkan kualitas serta cara penyajian informasi. Sehingga informasi dalam situ pemerintah tidak hanya selalu dicari oleh orang dalam lingkungan sektor kesehatan sendiri, namun juga dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Informasi Terkait Lainnya