PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pelatihan ASDK Tingkat Kabupaten Kota Angkatan ke-3 di Makassar

Dipublikasikan Pada : WED, 19 SEP 2018, Dibaca : 207 Kali
Jakarta, 19 September 2018

Pelatihan Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK) Tingkat Kabupaten / Kota di Makassar Angkatan terakhir telah dilaksanakan selama 5 hari sejak Hari Senin tanggal 17 sampai degan hari Sabtu tanggal  22 September 2018 bertempat di Hotel Aston Makassar.

Pelatihan diikuti oleh 105 peserta dari 17 kabupaten / kota  yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kota Manokwari, Kabupaten Nabire, Kota Sorong, Kota Manado, Kota Samarinda, Kota Kendari, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kota Pare Pare, Kota Makassar, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kota Denpasar, dan Kabupaten Badung. Peserta dari pusat berasal dari subdit Kesehatan Keluarga (Kesga), Imunisasi, Gizi, TB, HIV/AIDS, Malaria, SIK dan lainnya. Peserta dibagi ke dalam 4 kelas, yakni: A, B, C, D, untuk setiap kelas dengan 4 Kabupaten dan hanya satu kelas dengan peserta dari 5 Kabupaten. Dalam setiap kelas terdapat peserta dari kabupaten periode implementasi sebelumnya yaitu : Kota Makassar, Kota Pare-Pare, Kota Ambon, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Sementara narasumber dan instruktur pelatihan berasal dari Pusdatin Kemenkes, Subdit TB, Subdit HIV, Center of Excellent (CoE), dan Konsultan Nasional. CoE yang terlibat dalam pelatihan ASDK Angkatan ke-3 di Makassar adalah CoE dari 4 Universitas yaitu CoE dari Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Hasanudin Makassar, Universitas Dr. Sam Ratulangi Manado, dan Universitas Cendrawasih Jayapura. Setiap CoE mengirimkan 2 orang Narasumber. 

Pelaksanaan Pelatihan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Pusdatin Bapak  Dr.drh. Didik Budijanto, M.Kes yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi. Bapak Yudianto, SKM, M.Si. Dalam sambutan dan sesi Pembukaan disampaikan tentang Kebijakan Sistem Informasi Kesehatan, dan upaya yang sudah dilakukan dalam Periode Pertama Implementasi. Antara lain dengan mengintegrasikan penggunaan Dashboard ASDK di Command Center Smart City  Makassar dan Command Center Smart City Manado.

Sesi berikutnya disampaikan di kelas masing-masing antara lain oleh Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Bapak Yudianto, SKM, M.Si, dan Kepala Subbid Arsitektur Sistem Informasi,  Farida Sibuea, SKM, MScPH, Konsultan Nasional ASDK serta oleh  semua Narasumber termasuk CoE dari 4 Universitas.

Acara pelatihan ditutup pada hari Sabtu, dan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi peserta dengan nilai tertinggi, penanda tanganan Rencana Tindak Lanjut oleh masing-masing kabupaten, dan pembagian user dan password untuk setiap kabupaten kota peserta. Pelatihan ditutup oleh Kepala Subbid Arsitektur Sistem Informasi, Farida Sibuea, SKM, MScPH.

Informasi Terkait Lainnya