PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Layanan Jaringan

Dipublikasikan Pada : MON, 01 DEC 2014, Dibaca : 9.193 Kali
Layanan internet merupakan salah satu layanan yang saat ini sangat dibutuhkan di hampir di seluruh penjuru dunia. Internet yang pada awalnya hanya digunakan di dunia kerja maupun bisnis, saat ini telah merambah ke segala bidang. Demikian halnya kebutuhan akan layanan internet inipun dirasakan cukup penting di lingkungan Kementerian Kesehatan. Layanan internet dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan kinerja instansi khususnya di lingkungan Kementerian Kesehatan. Semakin meningkatnya kebutuhan transfer data dan komunikasi cepat dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari di lingkungan Kementerian Kesehatan, membutuhkan fasilitas layanan internet yang baik dan handal.

Sesuai tugas dan fungsinya, Pusat Data dan Informasi selaku unit yang bertugas mengelola sistem jaringan bertanggung jawab dalam menyediakan fasilitas layanan jaringan internet yang baik dan handal setiap waktu di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Layanan internet di Kementerian Kesehatan digunakan oleh seluruh pegawai untuk mendukung pelaksanaan tugas operasional sehari-hari, selain itu juga untuk memfasilitasi layanan website Kementerian Kesehatan, surat elektronik (email), beberapa aplikasi berbasis website, web hostingsub domain dan juga untuk memfasilitasi jaringan SIKNASyang melayani Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, UPT vertikal, dan unit kesehatan lainnya.

Layanan akses internet yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan saat ini adalah akses internet yang tersambung melalui 2 jalur utama dengan rasio 1:1 (downstream/upstream) dan dapat didistribusikan ke 3 lokasi kantor Kementerian Kesehatan lainnya sesuai kebutuhan melalui koneksi metro ethernet.Selain itu untuk menjalankan fungsi backup data center Pusdatin menggunakan layanan ethernet/IP transit dengan jalur yang berbeda dengan jalur utama. Layanan internet terdiri dari kabel dan nirkabel.

Untuk menghubungkan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, UPT Vertikal, RS daerah dan lainnya, Pusat Data dan Informasi menggunakan layanan VPN (virtual private network) yang merupakan salah satu teknologi untuk yang mendukung Wide Area Network.

Informasi Terkait Lainnya