PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pelatihan Teknis Penyusunan Profil Kesehatan Tahun 2014

Dipublikasikan Pada : MON, 09 JUN 2014, Dibaca : 2.711 Kali

Jakarta, 19 Juni 2014

Dalam pencapaian pembangunan di bidang kesehatan dan peningkatan mutu pelaksanaan program-program kesehatan diperlukan tenaga yang berkualitas, profesional, dan produktif dalam menjalankan tugasnya. Di bidang pengelolaan data dan informasi juga dibutuhkan tenaga pengelola data dan informasi yang mempunyai kompetensi di dalam pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian informasi kesehatan di berbagai tingkat administrasi.

Salah satu bentuk hasil penyajian data dan informasi adalah buku profil kesehatan yang terdiri atas, Profil Kesehatan Kabupaten/Kota, Profil Kesehatan Provinsi, dan Profil Kesehatan Indonesia. Profil kesehatan ini menyajikan berbagai data dan informasi yang relatif komprehensif, yang meliputi: situasi derajat kesehatan masyarakat, situasi upaya kesehatan, situasi sumber daya kesehatan, data umum dan lingkungan terkait lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengelola data dan informasi kesehatan, khususnya di dalam penyusunan profil kesehatan perlu diselenggarakan suatu pelatihan teknis penyusunan profil kesehatan.

Bertempat di MercureKuta Beach Bali Hotel,para pejabat struktural dilingkungan kantor Pusat Data dan Informasi serta dihadiri petugas/tenaga pengelola data dan informasi kesehatan di seluruh provinsi dan unit utama di Kementerian kesehatan bersama-sama mengikuti pelatihan teknis penyusunan profil kesehatan. Acara yang berlangsung dari tanggal 06 - 09 Mei 2014 ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, yakni dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS. Untuk kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Pusat Data dan Informasi, drg. Oscar Primadi, MPH yang memaparkan mengenai Kebijakan Peningkatan Kualitas Profil Kesehatan. Lalu dilanjutkan pemaparan juga oleh Kepala Bidang Statistik Kesehatan, drg.Vensya Sitohang, M.Epid mengenai Data Set Prioritas dalam Sistem Informasi Kesehatan.

Untuk mencapai hasil yang lebih baik pertemuan ini mengundang para nara sumber yang ahli dibidangnya sehingga diharapkan dengan adanya berbagai informasi dari para nara sumber serta para pimpinan di Pusat Data dan Informasi, Pelatihan Penyusunan Profil Kesehatan dapat berlangsung dengan baik. Ada pun narasumber pada Pelatihan Penyusunan Profil Kesehatan ini adalah dari Sekretariat Badan Litbangkes, Kepala Sentra Pelatihan Gender, BBPK Jakarta, dan staf pengajar FKM UI.

Materi yang disampaikan para narasumber adalah Validasi dan Analisis Data Agregat, Implementasi Petunjuk Teknis Penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten/Kota dalam Penyusunan Profil Kesehatan, dan Analisis Data Terpilah Jenis Kelamin menurut Prespektif Gender pada Profil Kesehatan.

Tujuan pelatihan ini secara umum adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada petugas/tenaga pengelola data dan informasi kesehatan dalam penyusunan profil kesehatan.

Sementara itu tujuan khusus adanya pelatihan penyusunan profil Kesehatan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang revisi petunjuk teknis penyusunan profil kesehatan kabupaten/kota, meningkatkan pengetahuan validasi data agregat, meningkatkan pengetahuan analisis data agregat, meningkatkan pengetahuan analisis data terpilah jenis kelamin menurut prespektif gender, dan meningkatkan pengetahuan tentang konsep variable prioritas, serta meningkatkan keterampilan penggunaan aplikasi komunikasi data.

Berita ini disiarkan oleh pengelola web Pusat Data dan Informasi, Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Kesehatan RI.

Informasi Terkait Lainnya