PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 

FAQ

Untuk mempermudah dalam melakukan proses pencarian, silahkan masukkan kata kunci yang ingin dicari dan tekan tombol [ enter ] untuk melakukan pencarian. Mohon dapat diperhatikan bahwa pencarian saat ini hanya akan mencari dari bagian : FAQ dan direktori di dalamnya.

  • PENCARIAN :
  • HALAMAN :
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • Apa saja jenis-jenis Virtual Private Network (VPN)?
    Ada 3 jenis jaringan antara lain:
    1. Remote VPN
    Jenis VPN ini ditujukan pada pengguna yang ingin mengakses jaringan pusat dari tempat yang berada di luar area pusat data dimana user dapat data perusahaan kapanpun dan dimanapun berada contohnya penyelia suatu perusahaan yang dilengkapi laptop untuk mengakses informasi di kantor pusat. Kunci dari jenis komunikasi ini adalah fleksibilitas dan biasanya bandwidth dan performance tidak menjadi isu yang begitu penting.
    2.Intranet VPN
    VPN jenis ini diimplementasikan pada infrastruktur jaringan diperusahaan yang memiliki beberapa lokasi gedung berbeda, biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor kantor cabang dengan kantor pusat suatu perusahaan. Jenis VPN ini harus benar-benar aman dan memenuhi standar performansi dan kebutuhan bandwidth dengan persyaratan yang ketat.
    3.Extranet VPN
    Pada jenis komunikasi ini, VPN menggunakan Internet sebagai backbone utama. Biasanya VPN jenis ini ditujukan untuk skala komunikasi yang lebih luas melibatkan banyak pengguna dan kantor cabang yang tersebar.
  • Bagaimana cara mendapatkan data data terkait kesehatan?
    Pada umumnya data data kesehatan bisa diakses di website kementerian kesehatan http : www.kemkes.go.id .
    Langkah pertama dengan membuka http : www.kemkes.go.id, setelah itu pengunjung bisa langsung mengklik tautan dan mencari unit terkait dimana data yang akan di cari bisa ditemukan.
  • Apa dasar hukum dalam menyelenggarakan aplikasi Sikda Generik?
    -    Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 932/Menkes/SK/VIII/2002 tentang Petunjuk teknis Pelaksanaan Pengembangan Sistem Informasi Daerah (SIKDA);
    -    Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan transaksi Elektronik
  • Apa itu IKS?
    IKS adalah Indeks Keluarga Sehat yang perhitungannya diambil dari rekapitulasi data dari 12 indikator yang diambil datanya dan hasilnya dibagi menjadi 3, yaitu : 1) Keluarga Sehat, bila IKS > 0,800; 2) Keluarga Pra Sehat, bila IKS = 0,500 0,800; 3) Keluarga Tidak Sehat, bila IKS < 0,500
  • Apa itu Infodatin?
    Infodatin merupakan salah satu bentuk  produk informasi publik dalm bentuk newsletter (yang disediakan dan diumumkan setiap saat) yang terbit tiap bulan dan mengambil tema tentang hari-hari besar kesehatan yang bersifat nasional dan internasional dan dapat di lihat/unduh di http:www.pusdatin.kemkes.go.id
  • Apa itu pendataan keluarga?
    Pendataan keluarga dilakukan terhadap seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas dengan menggunakan formulir pengumpulan data untuk Prokesga. Prokesga berisi data di tingkat keluarga dan data dari semua individu anggota keluarga tersebut (sebagaimana tercantum dalam Kartu Keluarga). Data yang dicatat minimal data dari 12 indikator tersebut di atas. Sesuai kondisi daerah, Prokesga dapat dikembangkan sehingga mencakup indikator-indikator lain yang dianggap penting di daerah tersebut. Dengan demikian, data yang dicatat bisa relatif lengkap sesuai kebutuhan daerah
  • Apa itu penilaian Kapasitas SIK?
    Penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai situasi pelaksanaan SIK di Indonesia secara komprehensif guna mendukung peningkatan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Nasional maupun SIK di Daerah serta untuk mengetahui progres dari penilaian kapastitas SIK yang sebelumnya, dan membuat rekomendasi serta penjelasan bila terjadi penurunan hasil asessment sebelumnya.
  • Apa itu registrasi Puskesmas?
    Registrasi Puskesmas adalah pendaftaran Puskesmas ke Kementerian Kesehatan paling lambat 6 (enam) bulan setelah izin Puskesmas ditetapkan. Setelah syarat terpenuhi, maka Puskesmas akan mendapatkan kode Puskesmas
  • Apa itu SIP?
    Pada Permenkes No. 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas dijelaskan bahwa SIP atau Sistem Informasi Puskesmas adalah suatu tatanan yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan manajemen Puskesmas dalam mencapai sasaran kegiatannya
  • Apa itu Virtual Private Network (VPN)?
    Virtual Private Network (VPN) adalah salah satu teknologi untuk yang mendukung Wide Area yang menghubungkan lokasi-lokasi Kemenkes se-Indonesia melalui jaringan yang secure dan dedicated, lengkap dengan perangkat pendukungnya : Modem, Router, Rack dan UPS.
  • Apa saja indikator untuk IKS?
    1.    Keluarga mengikuti program KB
    2.    Persalinan di Fasilitas Kesehatan
    3.    Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
    4.    Bayi mendapat ASI eksklusif
    5.    Pertumbuhan Balita dipantau
    6.    Penderita TB paru berobat sesuai standar
    7.    Penderita hipertensi berobat teratur
    8.    Penderita gangguan jiwa tidak ditelantarkan dan diobati
    9.    Anggota keluarga tidak ada yang merokok
    10.  Keluarga sudah menjadi anggota JKN
    11.  Keluarga mempunyai saran air bersih
    12.  Keluarga menggunakan jamban sehat
  • Apa saja syarat registrasi Puskesmas?
    Kepala Dinas Kesehatan mengajukan surat permohonan  registrasi Puskesmas dengan melampirkan :
    1.    Fotocopy izin Puskesmas
    2.    Profil Puskesmas
    3.    Laporan Kegiatan 3 bulan terakhir
    4.    SK Bupati/Walikota terkait kategori Puskesmas
    5.    Rekomendasi Dinkes Provinsi
  • Apa tujuan penggunaan Virtual Private Network (VPN)?
    Memberikan kemudahan untuk menghubungkan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, UPT Vertikal, RS daerah dan lainnya, Pusat Data dan Informasi menggunakan layanan VPN (virtual private network).
  • Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Komunikasi Data?
    Aplikasi Komdat adalah suatu aplikasi sistem informasi yang digunakan untuk melakukan konsolidasi/ integrasi data (termasuk data prioritas) yang dikirimkan dari Dinkes Kabupaten/Kota dan Dinkes Provinsi dalam rangka penyelenggaraan SIK terintegrasi.
  • Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Sikda Generik?
    Aplikasi sistem informasi kesehatan daerah dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan dalam menerapkan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan sehingga dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang akurat, tepat, dan cepat dalam pengambilan kebijakan di bidang kesehatan (di Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Kementerian Kesehatan) dengan mendayagunakan teknologi, informasi, dan komunikasi. Aplikasi ini diberikan secara gratis, dapat digunakan secara offline dan online, dan dirancang agar dapat dikustomisasi sendiri, berinteroperabilitas, dan terintegrasi dengan aplikasi yang lain.
  • Apa yang dimaksud dengan Co-location?
    Co-location adalah layanan internet yang disediakan Pusat Data dan Informasi dalam menyediakan jasa co-location  bagi unit-unit serta UPT-nya yang ada di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Masa berlaku layanan hosting untuk unit kerja bersifat permanen, atas kesepakatan dan persetujuan pihak Pusdatin. Pusat Data dan Informasi tidak bertanggung jawab atas isi content homepage, pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas isi homepage. Pusat Data dan Informasi akan menyiapkan IP Publik yang hanya diperuntukan satu bagi setiap unit kerja setingkat esselon I sebagai sub domain dari pengalamatan website yang bersangkutan.
  • Apa yang dimaksud dengan email?
    Email adalah surat elektronik yang dikirimkan secara digital melalui jaringan internet.
    Pengiriman email menggunakan alamat berdomain kemkes.go.id memberikan informasi (bagi penerima) bahwa anda merupakan bagian dari salah satu pengguna dari Kementerian Kesehatan.
  • Apa yang dimaksud dengan HDD?
    HDD atau Health Data Dictionary merupakan metadata kesehatan yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi. Saat ini HDD masih terbatas pada Identitas (person), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Penyakit AIDS, Penyakit Tuberculosis, dan Penyakit Malaria.
  • Apa yang dimaksud dengan video conference?
    Video Conference adalah telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih berbeda dapat saling berinteraksi melalui pengiriman dua arah audia dan video secara bersamaan. Kelebihan menggunakan video conference adalah untuk meningkatkan produktivitas, menghemat biaya dan waktu.
  • Apa yang dimaksud dengan web hosting?
    Web Hosting  adalah layanan internet yang disediakan Pusdatin dalam menyediakan sumber daya server-server untuk disediakan sehingga memungkinkan unit-unit serta UPT-nya yang ada di lingkungan Kementerian Kesehatan RI menempatkan informasi di internet dan dapat diakses oleh publik.
  • Apa yang harus dilakukan jika saya lupa password account Aplikasi Komunikasi Data?
    Jika anda lupa password account silahkan masukkan user name dan alamat email yang terdaftar pada Aplikasi Komunikasi Data. Kami akan mengirimkan link reset password kepada anda melalui email.
  • Apabila ada masalah dengan email, siapa yang harus dihubungi?
    Silahkan hubungi Pusdatin, Fax/telp : 021 5277169, 021-5201590 ext 6973
  • Apakah ada acuan atau pedoman yang dapat digunakan untuk penyelenggaraan dan pengembangan SIK?
    Pedoman atau acuan yang saat ini sudah ada adalah :
    1.    Peraturan Pemerintah No.46 Tahun 2014 Tentang Sistem Informasi Kesehatan
    2.    Permenkes No. 95 Tahun 2015 tentang Roadmap SIK
    3.    Health Data Dictionary (HDD) yang dapat diakses di http://idn-hdd.kemkes.go.id
    4.    Kode Puskesmas
  • Apakah Buku Kunjungan Kerja?
    Buku kunjungan kerja berisi data/variabel2 yang dibutuhkan oleh Pimpinan tertinggi ketika akan melalakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut
  • Apakah data dasar puskesmas?
    Data dasar puskesmas merupakan data per puskesmas yang dipublikasikan setiap tahun yang memuat kode, nama dan alamat puskesmas,  jenis puskesmas, puskesmas PONED, wilayah kerja, letak administrasi, kriteria wilaya, kondisi bangunan puskesmas, jumlah dan kondisi rumah medis, jumlah tempat tidur, tenaga yang ada di puskesmas, sumber air, sumber listrik, kondisi jalan menuju puskesmas, jumlah dan kondisi ambulans, jumlah dan kondisi sepeda motor, jumlah dan kondisi puskesmas keliling, jumlah dan kondisi puskesmas pembantu, dan jumlah UKBM. Data dan informasi yang dikumpulkan bersumber dari Dinkes Provinsi di seluruh Indonesia. Khusus untuk data tenaga, pengumpulan data bekerja sama dengan Sekretariat Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Sekretariat Badan PPSDMK)